Yogyakarta mempunyai banyak sekali objek wisata yang bisa kalian kunjungi disaat liburan. Tempat wisata di Yogyakarta cukup komplit, mulai daerah pantai, pegunungan, bukit, bahkan wisata candi dan wisata kota nya pun cukup menarik.

Salah satunya adalah petualangan wisata Merapi Lava Tour, yang terletak di kawasan Kaliurang, yang persis di kaki Gunung Merapi.

Lava Tour Merapi adalah wisata dengan menggunakan mobil jeep. Disini kita diajak menyusuri  dan berkeliling di bekas aliran lahar pasca letusan Gunung Merapi. Tidak hanya itu, kalian juga diajak berwisata ke beberapa destinasi wisata yang ada disana.

Disini PandaKepo ingin berbagi pengalaman Lava Tour Merapi, Yogyakarta. Semoga pengalaman ini bisa menjadi rekomendasi bagi kalian yang ingin mencobanya.

Wisata Lava Tour Merapi

Wisata Lava Tour Merapi Yogyakarta

Bagi kalian yang ingin berwisata Lava Tour Merapi bisa menyewa jeep-jeep yang banyak di sekitaran wilayah kaki Gunung Merapi. Wisata disini terdiri dari paket-paket yang sudah ditawarkan.

Beberapa wisata yang ditawarkan Lava Tour Merapi juga cukup menarik. Berikut beberapa tempat wisata yang didatangi ketika kita berwisata disana.

Paket-paket yang ditawarkan disini berupa lamanya durasi perjalanan wisata. Adapun paketnya ketika PandaKepo berwisata seperti ini:
  • Short Trip (60 menit) 350K/Jeep
  • Medium Trip (120 menit) 450K/Jeep
  • Long Trip (180 menit) 550K/Jeep
  • Long Trip Plus (240 menit) 750K/Jeep
*Harga Lava Tour Merapi Desember 2019

Harga tersebut belum termasuk tiket masuk wisata yang kalian pilih nantinya.

1. Bunker Kaliadem

bunker kaliadem

Bunker Kaliadem Merapi menjadi tempat favorit dari paket wisata Lava Tour Merapi. Bunker ini berfungsi menjadi tempat perlindungan diri saat terjadi lahar panas erupsi Merapi.

2. Museum Sisa Hartaku

Museum Sisa Hartaku

Museum Sisa Hartaku Merapi  ini dulunya adalah rumah penduduk, yang terkena imbas lahar panas saat erupsi terjadi. Di museum ini, kita dapat menemukan berbagai kerangka seperti kerangka sepeda motor, kerangka tulang sapi, kerangka televisi, dan alat rumah tangga lainnya.

3. Batu Alien

batu alien

Batu Alien merupakan sebuah batu besar yang terbawa lahar panas akibat erupsi Merapi. Dinamakan Batu Alien karna menurut warga sekitar mirip dengan wajah alien.

4. The Lost World Castle

The Lost World Castle

The Lost World Castle Merapi merupakan salah satu tempat wisata di kawasan lereng Gunung Merapi. Tempat wisata ini menawarkan keindahan bangunan yang mirip dengan benteng Takeshi.

The Lost World Castle

Saat kabut turun, suasana jadi semakin menarik untuk latar foto. Harga tiket masuk The Lost World Castle 30K/orang.

5. Stonehenge

stonehenge

Stonehenge Merapi ini terletak tidak jauh dari The Lost World Castle. Bangunan ini sangat mirip dengan Stonehenge yang ada di luar negri.

Tempat wisata ini cocok sekali untuk berfoto karna tempatnya sangat instagramable sekali. Harga tiket masuk Stonehenge Merapi 15K/orang.

6. Manuver Kali Kuning

Manuver Kali Kuning

Manuver Kali Kuning ini salah satu tempat wisata atraksi jeep yang ditawarkan dalam paket wisata Lava Tour Merapi. Kita akan diajak berbasah-basahan menikmati atraksi wisata ini, suasana megangkan dimana mobil jeep akan melintasi genangan air yang cukup dalam.

Hal yang perlu diperhatikan ketika wisata Lava Tour Merapi


1. Cuaca
Usahakan berkunjung ke Merapi Lava Tour pada musim kemarau. Panorama Gunung Merapi akan terlihat jelas, kalian tidak perlu basah-basahan sepanjang perjalanan karna hujan.

2. Pakaian
Kawasan Gunung Merapi adalah lahan gersang dan minim pohon. Oleh karena itu, kita disarankan menggunakan pakaian yang nyaman dan lengan panjang agar kulit tidak terbakar. Sunblock, kaca mata hitam dan topi juga sangat berguna sepanjang Merapi Lava Tour.

3. Masker
Jalur yang kita lewati di bekas lahar Gunung Merapi sangat gersang. Dengan kecepatan Jeep yang tinggi, debu dan tanah akan berterbangan sehingga masker sangat dibutuhkan, dan kita disarankan untuk memakainya.

4. Jeep
Pastikan jeep yang kita pakai atau kita sewa dalam kondisi bagus, agar kita bisa melewati medan jalan dengan baik dan bisa menjangkau beberapa tempat yang akan kita kunjungi. Jadi sebelum menyewa jeep ada baiknya kita bertanya soal jenis jeep yang akan digunakan.

Itulah beberapa tempat wisata dan tips saat kita wisata Lava Tour Merapi. Semoga bisa menjadi referensi bagi kalian yang ingin mencoba berwisata juga.

1 Comments

Post a Comment

Previous Post Next Post